keyboard_arrow_up
Red Lauan / Meranti access_time05 Mar 2018 label_outlineInfo
Meranti Merah

Meranti merah adalah nama sejenis kayu pertukangan yang populer dalam perdagangan. Berbagai jenis kayu meranti dihasilkan oleh marga Shorea dari suku Dipterocarpaceae. Sekitar 70 spesies dari marga ini menghasilkan kayu meranti merah.

Meranti merupakan golongan kayu keras dan berbobot ringan (berat-sedang). Berat jenisnya +/- 0,3 sampai dengan 0.86, sedangkan kandungan airnya 15%. Ciri-ciri kayu meranti adalah memiliki kayu teras berwarna merah muda pucat, merah mudah kecoklatan atau merah tua kecoklatan. Untuk warna merah yang lebih tua berat jenisnya lebih berat dibandingkan dengan yg berwarna merah muda.

Meranti Merah merupakan salah satu kayu terpenting di Asia Tenggara. Kayu ini lazim dipakai sebagai kayu konstruksi, panil kayu untuk dinding, loteng, sekat ruangan, bahan mebel dan perabot rumahtangga, mainan, peti mati dan lain-lain. Kayu meranti merah-tua yang lebih berat biasa digunakan untuk konstruksi sedang sampai berat, balok, kasau, kusen pintu-pintu dan jendela, papan lantai, geladak jembatan, serta untuk membuat perahu.

Kelompok Meranti Merah memiliki +/-70 spesies Shorea, banyak dijumpai di Kalimantan (62 spesies), diikuti oleh Sumatera (23 spesies) dan Semenanjung Malaya (19 spesies). Di luar wilayah-wilayah itu, meranti merah juga ditemukan di Thailand Selatan, Filipina dan Maluku.

Copyright © 2017 Hanindo, All Rights Reserved | Site by Spider Smart System